Jumat, 28 Juni 2013

Berkenalan dengan Google Panda dan Temannya Si Pinguin





Blog Digs | Si Panda Dan Si Pinguin merupakan upaya google untuk mengoptimasi Search Engine mereka, karena Google banyak mendapat keluhan dari penggunanya bahwa ketika seseorang mencari artikel tertentu di Google, artikel yang terlihat bukanlah artikel yang mereka cari. Melainkan artikel jauh menyimpang dari kata kunci tersebut. Mungkin karena sebagaian blogger yang "Nakal" menggunakan tekhnik Black Hat SEO untuk mengoptimasi situsnya. Nah, disinlah google terus memperbaharui Alogaritma Search Enginenya yaitu si Panda dan Si Pinguin ini yang jaraknya hanya Kurang lebih 3 Bulan saja.

Tentang Google Panda


google panda
Disini Blog Digs akan menjelaskan tentang Google Panda, Merupakan Alogaritma terbaru Mesin Pencari Google tahun 2010 akhir dan awal 2011, setelah sebelumnya Google melakukan update algoritma pencarian dengan nama "Google Caffeine". Penyebab Google melakukan update ke Google Panda adalah karena Google Caffeine belum memberikan hasil pencarian (search google) yang baik terhadap situs-situs supaya tampil diposisi utama SERP, sehingga di awal tahun 2011 Google melakukan update algoritma search engine dengan maksud hasilnya bisa lebih baik. Sekitar 12% situs-situs besar di dunia telah terkena dampak Google Panda ini. Banyak dari situs-situs tersebut terlempar dari halaman pertama pencarian Google. Selama masa periode itu Google terus memperbaiki kinerja Panda nya sebanyak 12 kali hingga 20 April 2012. Buat sahabat - sahabat yang mungkin postingannya pernah berada di halaman pertama namun sudah hilang terlempar hingga halaman kesekian bisa jadi terkena dampak google Panda ini.

Kemudian ada Si Pinguin

Google Penguin

Si Penguin Merupakan lanjutan dari update Google Panda sebelumnya. Diperkenalkan pada tanggal 24 April 2012. Sekali lagi, itu ditujukan untuk menghukum situs spam. Sejauh ini, telah berpengaruh sekitar 3% dari situs seluruh dunia. Sebelum merilis, Google telah mengatakan :

In the next few days, we’re launching an important algorithm change targeted at web spam. The change will decrease rankings for sites that we believe are violating Google’s existing quality guidelines. We have always targeted web spam in our rankings, and this algorithm represents another improvement in our efforts to reduce web spam and promote high quality content. While we can’t divulge specific signals because we don’t want to give people a way to game our search results and worsen the experience for users, our advice for webmasters is to focus on creating high quality sites that create a good user experience and employ white hat SEO methods instead of engaging in aggressive web spam tactics.
 Kurang lebih jika di Indonesiakan maka jadinya seperti ini :

Dalam beberapa hari ke depan, kami meluncurkan perubahan algoritma penting ditargetkan pada web spam. Perubahan ini akan menurunkan peringkat untuk situs yang kami percaya melanggar panduan kualitas yang ada Google. Kami selalu menargetkan web spam di peringkat kami, dan algoritma ini merupakan peningkatan lain dalam upaya kami untuk mengurangi spam web dan mempromosikan konten berkualitas tinggi. Sementara kita tidak bisa membocorkan sinyal khusus karena kita tidak ingin memberi orang cara untuk permainan hasil pencarian kami dan memperburuk pengalaman bagi pengguna, saran kami untuk webmaster adalah fokus pada membuat situs berkualitas tinggi yang menciptakan pengalaman pengguna yang baik dan menggunakan metode SEO topi putih bukannya terlibat dalam taktik web spam agresif.
Dengan adanya alogaritma Google yang baru ini, banyak situs - situs besar yang terkena dampaknya dan terlempar dari halaman Top Ten menjadi halaman yang kesekian. Nah, di sini kita di tuntut untuk membuat konten blog yang memang berkualitas dan bermanfaat pagi pengunjung. Dan situs yang menyajikan konten yang benar - benar berkualitas telah merasakan manfaat dari adanya google panda ini.

Lalu, Bagaimana Cara Kerja Si Panda ini ??


Nah, jadi begini....
Google panda menekankan atau mengantisipasi adanya content farm mengingat banyaknya content-content farm saat ini yang merugikan blogger lainnya dan menguntungkan web yang memasang content farm saja.

Bagaimana dengan Content Faram ?? Apakah itu ??


Oke, Blog Digs akan jelaskan mengenai Content farm.
Content Farm merupakan content atau artikel-artikel pada website yang tulisannya dikerjakan oleh penulis lepas (freelance writer) untuk menghasilkan content yang memenuhi algoritma pencarian (mesin pencari secara otomatis) dengan maksud menghasilkan pendapatan iklan melalui tampilan yang menarik perhatian pembaca.

Apakah Akibat Dari menggunakan Content Farm ??


Seketika Sobat akan di Penjara 4 tahun di Penjara Amerika.. hahahahaa... #Lol
bukan - bukan, Blog Digs hanya bercanda..
Jika Situs sobat terdeteksi atau ketahuan menggunakan Content Farm, ada 2 Akibat. Ringan dan Berat.

Akibat Ringannya : Google menurunkan ranking blog yang terdeteksi menggunakan "content farm" sehingga nantinya web/blog penggunak content farm akan sulit di posisi utama mesin pencarian Google.
Jika Akibat Beratnya : Bukan tidak mungkin sebuah web/blog mengalami penurunan drastis atau tidak lagi ditemukan dimesin pencari Google.

Bagaimana ?? lebih memilih Akibat Ringan atau Berat ??
kalau Blog Digs memilih tidak menggunakan Content Farm, lebih baik benar - benar menulis sebuah artikel yang bermanfaat dan berkualitas.
Rasanya cukup segitu dulu ya ? laper nih, penulisnya mau makan dulu.
Happy Blogging !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar